Disampaikan Oleh
: Budi
Rusnandar Setia, M.Pd.
A.
Pengembangan dan Penyempurnaan Kurikulum
1.
Pengertian Pengembangan kurikulum
Caswell
mengartikan pengembangan
kurikulum
sebagai alat untuk membantu guru dalam melakukan tugas mengajarkan
bahan, menarik minat murid dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Menurut
Oemar Hamalik Pengembangan kurikulum
adalah suatu proses perencanaan kurikulum agar menghasilkan rencana
kurikulum yang luas dan spesifik.
Dari
pendapat tersebut di atas dapat di katakan bahwa pengembangan
kurikulum
adalah suatu proses yang terencana untuk menghasilkan suatu alat yang
lebih baik dengan di dasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum
yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan situasi
belajar-mengajar yang lebih efektif.
2.
Pengertian Penyempurnaan Kurikulum
Penyempurnaan
kurikulum
adalah usaha menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan masyarakat untuk
mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai
dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta
sarana pendukungnya di samping juga untuk memperoleh kebenaran
substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan
siswa.
Penyempurnaan
Kurikulum
adalah upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi untuk memperoleh kebenaran substansi materi
pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan siswa.
Dimana
penyempurnaan kurikulum mempunyai beberapa prinsip-prinsip yaitu:
a.
Menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, serta tuntutan kebutuhan masyarakat.
b.
Dilakukan untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang
ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan
lingkungan serta sarana pendukungnya
c.
Untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian
dengan tingkat perkembangan siswa.
d.
Mempertimbangkan berbagai aspek terkait, seperti tujuan materi,
pembelajaran, evaluasi, dan sarana/prasarana termasuk buku pelajaran.
e.
Tidak mempersulit guru dalam mengimplementasikannya dan tetap dapat
menggunakan buku pelajaran dan sarana prasarana pendidikan lainnya
yang tersedia di sekolah.
B.
Perbedaan Tentang Pengembangan dan Penyempurnaan kurikulum
Pada
intinya keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu upaya untuk
menjadikan kurikulum sebagai alat untuk menghasilkan sebuah output
berupa pendidikan yang lebih baik yang bisa menjawab tantangan dan
kebutuhan masyarakat sesuai dengan tuntutan zamannya. Namun dalam
prakteknya selain persamaan di atas sesuai dengan hal-hal yang
mendasarinya dalam konsep tersebut di temukan beberapa perbedaan yang
menjadi ciri dari konsep itu sendiri.
Dan
di bawah ini ada beberapa perbedaan antara pengembangan kurikulum dan
penyempurnaan kurikulum:
1.
Pengembangan Kurikulum
Pada
perkembangan Kurikulum yang telah di jelaskan di atas dapat di lihat
bahwa perkembangan Kurikulum sebagai;
v
Suatu proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih
baik.
v
Di dasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah
berlaku.
v
Bertujuan dapat memberikan kondisi belajar-mengajar yang lebih baik.
Tiga
poin tersebut menunjukkan adanya perbedaan arti dengan Konsep-konsep
sebelumnya sesuai dengan tujuan dan hal-hal yang mendasari, sekaligus
menunjukkan adanya kemajuan dalam melangkah. Sebab menurut kami pada
konsep ini merupakan sebagai upaya melanjutan langkah-langkah yang
telah di tempuh pada konsep-konsep sebelumnya.
2.
Penyempurnaan Kurikulum
Dalam
langkah penyempurnaan telah di tegaskan beberapa poin penting yang
mana hal itu merupakan wujud dinamika kurikulum dalam rangka memenuhi
tuntutan dunia pendidikan yang terus maju, seiring perkembangan ilmu
Pengetahuan dan teknologi yang semakian maju pesat. Dalam
konsep Penyempurnaan di tegaskan adanya:
v
Upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
v
Untuk memperoleh kebenaran substansi materi pelajaran dan kesesuaian
dengan tingkat perkembangan siswa.
v
Dilakukan untuk mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang
ingin dicapai dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan
lingkungan serta sarana pendukungnya.
Dari
sini nampak jelas terjadinya kelengkapan dari upaya untuk menjadikan
Kurikulum dapat memenuhi tuntutan masyarakat sesuai dengan
perkembangan Zamannya. Kurikulum itu tidak hanya sekedar di
kembangkan tanpa adanya tindakan penyempurnaan, melainkan setiap
kekurangan yang di temukan dalam pengembangan kurikulum harus segera
di sempurnakan agar dunia pendidikan dapat mengikuti perubahan zaman
serta perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Hal ini sejalan
dengan pernyataan Blaney, Pengembangan Kurikulum merupakan suatu
proses yang sangat komplek karena mencakup pembicaraan penyusunan
kurikulum, penilaian yang intensif, dan penyempurnaan-penyempurnaan
terhadap komponen kurikulum
C.
Kesimpulan
1.
Pengertian Pengembangan dan penyempurnaan kurikulum
Pengembangan
kurikulum
merupakan suatu proses yang merencanakan, menghasilkan suatu alat
yang lebih baik dengan di dasarkan pada hasil penilaian terhadap
kurikulum yang telah berlaku, sehingga dapat memberikan kondisi
belajar-mengajar yang lebih baik.
Penyempurnaan
kurikulum
adalah upaya menyesuaikan kurikulum dengan perkembangan ilmu
pengetahuan dan teknologi, serta tuntutan kebutuhan masyarakat untuk
mendapatkan proporsi yang tepat antara tujuan yang ingin dicapai
dengan beban belajar, potensi siswa, dan keadaan lingkungan serta
sarana pendukungnya di samping juga untuk memperoleh kebenaran
substansi materi pelajaran dan kesesuaian dengan tingkat perkembangan
siswa
2.
Perbedaan antara pengembangan dan penyempurnaan kurikulum
Dalam
pengembangan kurikulum, Pengembangan kurikulum merupakan suatu proses
yang merencanakan, menghasilkan suatu alat yang lebih baik dengan di
dasarkan pada hasil penilaian terhadap kurikulum yang telah berlaku,
sehingga dapat memberikan kondisi belajar-mengajar yang lebih baik.
Sedangkan
penyempurnaan
kurikulum,
merupakan wujud dinamika kurikulum dalam rangka memenuhi tuntutan
dunia pendidikan yang terus maju, seiring perkembangan ilmu
Pengetahuan dan teknologi yang semakian maju pesat.
Daftar
Pustaka
Muhaimin.
Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.Jakarta:
Rajawali Pers,2009
Hamalik,Umar.
Dasar-Dasar
Pengembangan Kurikulum.Bandung:PT.
Remaja Rosda Karya,2008
http://www.fathululum-badruns7.blogspot.com/2009/01/pengembangan-kurikulum.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
sekolah yg yg berpasilitas besar